Home » » Bulan Politik Mahasiswa Universitas Siliwangi

Bulan Politik Mahasiswa Universitas Siliwangi

 Oleh :
Yoghi Kurniawan Prathama


Banyak dimensi yang bisa menjelaskan apa itu politik. Politik bisa diartikan sebagai kekuasaan, aktivitas kelembagaan pemerintah, dan masih banyak lainnya. Namun dari sekian banyak pengertian mengenai politik, yang menonjol adalah melalui pendekatan kekuasaan. Politik diartikan sebagai cara bagaimana kita mendapatkan suatu kekuasaan dan bagaimana mempertahankan kekuasaan tersebut.
Kenapa harus kekuasaan yang diperebutkan?. Dengan kekuasaan kita bisa memperoleh sumber– sumber daya kekuasaan, kewenangan dan hak-hak yang secara legitimasi bisa kita lakukan apapun itu sesuai keinginan dan kepentingan kita. Bila kita melihat kondisi dan konstalasi politik Indonesia saat ini merupakan tahun politik menjelang Pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2014.
Banyak intrik, maupun isu yang digulirkan untuk menjatuhkan lawan politik dan mengangkat reputasi partai politik maupun salah satu tokoh politik. Kita lihat dengan contoh kasus kisah tragis bawang merah bawang putih, kasus suap impor daging sapi, penangkapan komplotan preman Hercules. Disadari atau tidak ada unsur politik dibalik isu tersebut.
Namun politik tidak hanya ada dikalangan partai politik, pemerintah, maupun lembaga legislatif. Mahasiswa sebagai agent of change merupakan aktor intelektual yang juga memiliki peran politik yang cukup dominan dalam konstalasi politik Indonesia.
Tanpa disadari, mahasiswa sebagai kalangan akademisi dituntut untuk berpolitik dan memahami politik itu sendiri, baik teoritis maupun secara praktis. Di dalam konstalasi politik kampus, mahasiswa sangat terlihat jelas peran dan kegiatan politiknya. Dimana mahasiswa dengan berbagai kepentingannya berlomba dan berkompetisi untuk menduduki dan mendapatkan sumber–sumber kekuasaan seperti menduduki jabatan politis di organisasi mahasiswa, seperti Dewan Eksekutif, Dewan Legislatif, BEM, BLM, maupun Himpunan Mahasiswa Jurusan.
Mahasiswa dengan berbagai background jurusan tanpa mereka sadari, mereka telah memahami politik itu sendiri meskipun mereka berdalih tidak paham tentang politik. Pun demikian dengan konstalasi peta politik kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Awal bulan maret hingga april merupakan waktu dimana konstalasi politik UNSIL sedang memanas, dimana kursi kekuasaan BEM, BLM, dan tentunya Presiden Mahasiswa diperebutkan.
Seperti halnya negara, banyak isu dan intrik yang terjadi dalam perebutan kekuasaan itu. Namun yang saya analisis dari setiap peristiwa perebutan kekuasaan organisasi kampus ini hanya diperebutkan oleh partai–partai mahasiswa yang mungkin bila kita lihat dengan kasat mata tidak terlihat. Namun eksistensi dan pengaruhnya terlihat jelas.
Fraksionalisasi mahasiswa ini dalam peta politik kampus, memiliki dampak yang sangat besar dalam progress dan prestasi organisasi mahasiswa itu sendiri. Akibat fraksionalisasi mahasiswa atas dasar kepentingan partai pengusungnya (organisasi eksternal), aktivis mahasiswa terpecah–pecah, memiliki berbagai kepentingan yang berbeda, dan saling menjatuhkan satu sama lainnya. Tanpa ada niat dan persepsi yang sama untuk kemajuan Universitas Siliwangi.
Menjelang inti perebutan kekuasaan ormawa dikampus yakni perebutan kekuasaan jabatan Presiden Mahasiswa Universitas Siliwangi maupun Ketua Dewan Legislatif Mahasiswa. Besar harapan adanya kesadaran dari setiap fakultas untuk memilih calon secara rasional. Dengan memperhatikan integritas, kapabilitas, dan kredibilitas calon tersebut. Namun dengan tidak mengesampingkan kepentingan bersama untuk memperbaiki sistem ormawa yang ada di universitas siliwangi.
Jangan pernah takut dengan sesuatu yang baru dan paradigma baru untuk merubah suatu sistem yang ada. Meskipun pada hakikatnya sistem susah untuk dirobohkan, akan tetapi tak ada yang tak mungkin dalam memperbaiki keadaan kearah yang lebih baik.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post